Baca Berita

KPU GIANYAR: HASIL UPDATE SIDALIH, PEMILIH PEMULA DI GIANYAR 18.490

Oleh : | 12 September 2017 | Dibaca : 78 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar pada hari Selasa, 12/9/2017 menggelar rapat internal penyampaian laporan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Semester II Tahun 2017 diikuti oleh para komisioner lainnya, sekretaris, para Kasubag dan para staf.

Divisi Perencanaan dan Data, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti yang memimpin rapat  menyampaikan hasil kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sesuai surat edaran KPU RI No 176 tahun 2016. Dalam surat edaran tersebut pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2016 ditujukan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.

Reika Chrisyanti mengatakan bahwa sesuai edaran KPU RI, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bagi daerah yang tidak menyelenggarakan Pemilu tahun 2016 juga sudah mulai melakukan pemutakhiran data berupa penyaringan mutasi penduduk yang masuk atau keluar daerah. “Jadi meskipun saat itu kita belum memasuki tahapan pilkada, namun kegiatan pemutakhiran data pemilih tetap kita laksanakan, dan melalui koordinasi yang baik bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gianyar hasilnya adalah saat ini kita sudah mendapatkan data terkini.”jelasnya.

Berdasarkan Tentuan Hasil Resmi (THR)  portal SIDALIH didapat jumlah pemilih per Juli 2017 sebanyak 371.421 dengan jumlah TPS 766. Dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 yaitu 359.116 orang, maka terjadi peningkatan 12.305 (3.4%) yang merupakan hasil penambahan dan pengurangan dari mutasi penduduk, meninggal, pemilih pemula ataupun TNI/Polri purna tugas.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan anggota KPU Gianyar Divisi Teknis, Putu Agus Tirta Suguna bahwa  pemilih yang berasal dari TNI dan Polri yang sudah purna tugas pada saat pemungutan suara juga dimasukkan ke dalam pemilih pemula. Pemilih pemula yang didapat dari hasil portal SIDALIH sejumlah 18.490 terdiri atas pemilih perempuan sebanyak 8.915 orang dan pemilih laki-laki sebanyak 9.575 orang.

Agus berharap dengan kegiatan pemutakhiran data pemilih yang berkesinambungan serta kerjasama dengan pihak Dukcapil Gianyar serta masyarakat  Gianyar khususnya, DPT yang selalu menjadi isu nasional tidak menjadi kendala dalam Pilkada Gianyar. (Kr)

 

 


Oleh : | 12 September 2017 | Dibaca : 78 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter