Baca Berita

KPU GIANYAR GELAR SOSIALISASI PENYELENGGARAAN TAHAPAN DAN PROGRAM PEMILU 2019

Oleh : | 08 September 2018 | Dibaca : 309 Pengunjung

KPU Gianyar menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Tahapan Dan Program Pemilu 2019, di Hotel Luwih, Lebih, Gianyar (8/9), yang dihadiri oleh undangan dari FORKOPIMDA,instansi terkait, MMDP, FKUB, Para Camat, Bawaslu kabupaten Gianyar, Anggota POKJA Pencalonan Pemilu 2019, PPK se Kabupaten Gianyar. Sosialisasi dibuka oleh Ngakan Nyoman Oka Sudaryana selaku divisi Keuangan, Umum dan Logistik dengan materi tahapan Pemilu oleh Anggota KPU Gianyar Divisi Teknis, I Putu Agus Tirta Suguna, dan Dana Kampanye oleh Divisi Perencanaan Program dan Data, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti, sedangkan selaku Moderator yaitu AA Istri Agung Darmawati.

Ngakan Oka saat membuka acara menyampaikan tujuan acara ini adalah untuk mensosialisasikan tahapan dan program pemilu 2019 sehingga masyarakat umum mengetahui tahapan dan hari pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya serta terselenggaranya pemilu yang jurdil dan demokratis. Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini tahapan yang tengah berjalan adalah tanggapan masyarakat menjelang penetapan DCT Anggota DPRD Kabupaten pada 20 September 2018 nanti.

Sesi berikutnya yaitu Tahapan Dana Kampanye oleh Ni Luh Putu Reika Chrisyanti. Menurutnya setiap peserta Pemilu wajib membuka rekening khusu untuk dana kampanye yang terpisah dari rekening Parpol. “Dalam Dana kampanye ada rekening khusus yang terpisah dari rekening parpol, dan setiap peserta pemilu menyampaikan laporan dana kampanye di tahapan pelaporan sesuai hari kalender." ujarnya.

Terkait sumber dana kampanye, ada 3 yaitu dari partai politik, calon masing masing dan sumbangan lain yang sah menurut hukum baik perseorangan kelompok badan usaha non pemerintah .

"Sumbangan tersebut wajib disampaikan melalui parpolnya dan masuk ke reksus sebelum digunakan. Nanti Parpol yang menyampaikan ke calon DPRD, dan sesuai tahapan jika pada 22 September 2018 parpol tidak menyampaikan LADK yang mencakup rekening khusus maka parpol dibatalkan sebagai peserta pemilu." imbuhnya.

Materi kedua disajikan oleh Anggota KPU Gianyar divisi Teknis Pemilu I Putu Agus Tirta Suguna.  Agus Tirta mengatakan, bahwa Calon Peserta Pemilu 2019 secara serentak ditetapkan tanggal 20 September 2018. "Terkait penetapan calon, sesuai  PKPU Nomor 20/2018 calon yang mengajukan  surat pengunduran diri agar per 19 September 2018 sudah menyerahkan surat keputusan pemberhentian oleh pejabat yang berwenang, jika tidak maka tgl 20 September 2018 tidak bisa ditetapkan dalam DCT." tegasnya.

Tahapan kampanye dimulai 23 September 2918 sampai dengan 13 April 2019 , sedangkan untuk pejabat yang akan berkampanye wajib cuti jika kampanye dilakukan di hari kerja, jika di luar hari kerja tidak perlu cuti. Lebih lanjut disampaikan tahapan pemungutan suara tanggal 17 April 2018, dilanjutkan dengan proses rekap di TPS,  proses rekap di kecamatan 19 apr sd 2 Mei 18, Kabupaten 21April sd 6 Mei, KPU Provinsi 23 April sd 9 Mei , KPU RI 25 apr sd 22 Mei 2019.

Agus berharap semoga hingga hasil rekap KPU RI tidak terjadi permasalahan dan Pemilu berjalan dengan damai dan sukses sesuai harapan.(KR)

 

 


Oleh : | 08 September 2018 | Dibaca : 309 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 




Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter