Baca Berita

KPU Gianyar Gelar Rapat Kerja Penyusunan Laporan Pilkada 2018

Oleh : | 23 Agustus 2018 | Dibaca : 196 Pengunjung

KPU Gianyar menggelar Rapat Kerja Penyusunan Laporan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta Bupati dan Wakil Bupati Gianyar Tahun 2018. Rapat kerja sekaligus evaluasi ini dilaksanakan selama tiga hari bertempat di Sens Hotel, Ubud dan melibatkan seluruh jajaran staf sekretariat dan juga Anggota Pokja Penyusunan Laporan Pilkada 2018 yang dimulai tanggal 21 Agustus 2018 hingga 23 Agustus 2018.

Dalam Sambutannya saat membuka acara, Ketua KPU Kabupaten Gianyar AA Gde Putra mengatakan pelaksanaan rapat kerja ini sebagai evaluasi pelaksanaan Pilkada 2018 dalam rangka memperbaiki kinerja penyelenggara Pemilu dalam menghadapi Pemilu 2019. Ia mengatakan dalam Pemilu 2019 kinerja penyelenggara harus lebih baik dari Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Bali, Bupati dan Wakil Bupati Gianyar 27 Juni lalu.

"Sebelumnya KPU Gianyar telah melakukan kegiatan evaluasi Pilkada 2018 bersama PPK dan PPS di 7 Kecamatan pada 19 sampai dengan 21 Agustus kemarin. Hasil evaluasi tersebut kita rangkum ke dalam daftar inventaris masalah sehingga dapat kita jadikan masukan dan bahan evaluasi dalam Pelaporan tahapan Pilkada," papar Agung Putra, Rabu (22/8/2018).

Penyusunan Laporan Tahapan Pilkada 2018 menyesuaikan dengan sistematika yang tercantum dalam lampiran surat KPU RI Nomor 823/PP.01-SD/01/KPU/VIII/2018. Rapat Kerja diisi dengan pembahasan kegiatan per tahapan oleh masing-masing divisi yang dipandu oleh anggota KPU yang membidangi.

Sementara itu, I Putu Agus Tirta Suguna, selaku Anggota yang membidangi divisi teknis menyatakan bahwa Pemilu 2019 sangat membutuhkan kapasitas dan kinerja penyelenggara yang sangat ekstra menyangkut kegiatan yang banyak sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada, terlebih dalam Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu mengatur tidak ada penghitungan suara di tingkat desa atau kelurahan. "Proses itu  tentu akan sangat menguras energi dan pikiran, apalagi penghitungan suara tingkat PPK tidak berdasarkan hasil rekapitulasi melainkan dihitung per TPS .” imbuhnya.

Di bidang logistik mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, persiapan sampai pendistribusian ke TPS pada Pilkada 2018 berjalan relatif lancar. Menurut Komisioner Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik, Ngakan Nyoman Oka Sudaryana hal tersebut berkat perencanaan yang matang serta melibatkan PPK dan PPS langsung dalam pengelolaan logistik pemilu.

Terkait tahapan pemutakhiran data pemilih, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti selaku komisioner divisi Perencanaan dan Data menyampaikan masih ada sejumlah kendala dalam proses pemutakhiran data pemilih. Untuk ke depan, perlu dilakukan evaluasi terutama kapasitas SDM baik dari segi kuantitas maupun kualitas terutama diperlukan SDM yang fasih mengoperasikan IT. Begitu juga dengan kegiatan sosialisasi, menurut komisioner divisi Sosialisasi dan Parmas, AA Istri Darmawati meski tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi, perlu dicari metode sosialisasi yang lebih efektif sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Lebih lanjut, Plt Sekretaris KPU Gianyar, Melgia C.Van Harling saat mengisi materi evaluasi di hari ke-3 mengatakan rapat kerja ini sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tahapan sehingga terukur dengan jelas dan akuntabel. Dengan mengevaluasi pelaksanaan tahapan Pilkada 2018, diharapkan dapat memperbaiki kinerja Penyelenggara mulai dari KPPS, PPS, PPK hingga KPU Kabupaten termasuk jajaran sekretariat, menuju Pemilu 2019 yang lebih baik dan berkualitas," ujarnya.

Sementara itu evaluasi beban kerja masing-masing staf sekretariat diperlukan selain untuk mengukur kinerja staf, juga untuk bahan evaluasi sehingga kualitas kinerja staf dapat terus ditingkatkan terutama dalam memfasilitasi KPU sebagai penyelenggara Pemilu sekaligus pelayan masyarakat. Menurutnya, beban kerja yang semakin banyak dengan keterbatasan jumlah SDM justru harus dipakai sebagai pemicu untuk tingkatkan potensi diri. (Kr)


Oleh : | 23 Agustus 2018 | Dibaca : 196 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 




Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter